Berita

Dihadiri Kakankemenag Gorut, MA Miftahul Huda Gelar Peringatan Maulid Nabi

Minggu, 30 Oktober 2022 07:11 WIB
  • Share this on:

Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Huda Kwandang Kab. Gorontalo Utara, melaksanakan kegiatan perayaan pMaulid Nabi Muhamad SAW yang digelar di Mesjid Al-Jaariah Miftahul Huda, Selasa (25/10).

Kegiatan itu turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Gorontalo Utara Yudin Moonti dan jajarannya, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Anggrek Masni Ahama sekaligus pembawa hikmah Maulid, Ketua Yayasan Al Jaariah Alim Padudu, Sekretaris Desa Leboto, Komite Madrasah, tokoh agama, tokoh masyarakat, staf Dewan Guru, tata usaha dan orang tua / wali santri dari Madrasah yang beralamat di Desa Leboto itu.

Dalam sambutannya, Kakanmenag Gorut Yudin Moonti, mengapresiasi semangat keluarga besar MA Miftahul Huda yang melaksanakan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, peringatan Maulid Nabi, merupakan momentum penting dalam memaknai kembali kelahiran Nabi junjungan Umat Islam di seluruh dunia sebagai suri teladan yang membawa Rahmatan Lil Alamiin.

Oleh karena itu, semarak peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW ini ungkap Kakanmenag Yudin Moonti, diharapkan dapat diikuti oleh sikap istiqomah ummat Islam dalam menjalankan segala perintah Allah SWT dan meninggalkan segala larangan-laranganNya, sebagaimana yang menjadi misi kerasulan Nabi Muhamad SAW demi keselamatan dunia akhirat.

Dijelaskannya, di era saat ini, penghayatan terhadap nilai-nilai Islam sangat penting dalam membentengi iman dan ketakwaan, terutama bagi anak-anak didik sebagai generasi penerus cita-cita bangsa. Menurutnya, di era modern saat ini, generasi muda menghadapi tantangan yang tidak ringan sehingga sikap istiqomah untuk terus menghayati dan meneladani akhlak Rasulullah SAW sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini dan di masa mendatang.

Di tempat yang sama, Kepala MA Miftahul Huda, Rusmin Panggato menjelaskan, perayaan Maulid Nabi Muhamad SAW di madrasahnya merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai momentum penting, terutama bagi para peserta didik untuk merefleksi dan memaknai kembali hakekat ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Selain itu, menurutnya agenda ini juga menjadi wahana penting bagi guru, anak didik, orang tua wali santri untuk mempermantap akidah Islam dan mempererat ukhuwah Islamiah

Pada kesempatan itu, Rusmin Panggato atas nama keluarga besar MA Miftahul Huda Kwandang, juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Kakanmenag Kab. Gorontalo Utara Yudin Moonti dan jajarannya, Ketua Yayasan Al Jaariah Alim Padudu, penceramah Masni Ahama, panitia pelaksana, para guru, orang tua/wali santri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya yang telah berkenan hadir turut menyemarakkan syiar Islam melalui peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW tahun ini.

 

Editor:
Shaffan
Kontributor:
Ali Mobiliu
Penulis:
Agung Nugraha
Fotografer:
Agung Nugraha

Gallery

  • -
  • -
  • Kemenag Gorut bersama Badan Takmirul Masjid dan Jemaah Sholat Jum'at Masjid Al Madani usai pelaksanaan Sholat Ghaib untuk Palestina, Jum'at (10/11/2023)
  • Kemenag Gorut melaksanakan Qunut Nazilah untuk Palestina di Masjid Kantor Kemenag Gorut, Jum'at (10/11/2023)
  • Kakankemenag Gorut H. Yudin Moonti bersama Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo H. M. Muflih B. Fattah dan rombongan hadiri Penutupan Rakernas BKM Tahun 2023, Jum'at (10/11/2023)