Berita

Penataan Ruang Perpustakaan MTs.Al-Khairaat Kwandang

Rabu, 26 Oktober 2022 14:37 WIB
  • Share this on:

Gorut (Kemenaq.go.id)Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang sering diabaikan. Padahal ruang perpustakaan merupakan tempat penting untuk mencari informasi dan tempat belajar yang nyaman bagi penggunanya. Perpustakaan digunakan sebagai pusat informasi yang memiliki tugas dan fungsi seperti kegiatan administrasi, menyediakan informasi serta memberikan layanan yang optimal. Untuk itu siswa siswi MTs.Al-Khairaat Kwandang memanfaatkan jam istrahat untuk melakukan penataan ruang perpustakaan, Rabu (26/10/2022).

Kepala Madrasah, Yolan R. Daud menjelaskan, perpustakaan madrasah adalah salah satu sarana untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik. “Perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal merupakan bagian integral dari kegiatan madrasah serta merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan madrasah,” jelas Yolan.

Menurutnya, penataan ruang perpustakaan merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan serta dapat memudahkan pengunjung perpustakaan. “Pada penyelenggaraannya perpustakaan memerlukan ruang tersendiri beserta berbagai kelengkapannya. Ruang dan perlengkapan yang tersedia haruslah ditata dan dirawat dengan baik sehingga dapat menunjang penyelenggaraan perpustakaan madrasah secara efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, Perpustakaan Madrasah akan memiliki manfaat yang efektif apabila dapat berfungsi dengan baik dalam upaya memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di madrasah. “Manfaat yang efektif tersebut tidak hanya berpacu pada tingginya prestasi peserta didik namun siswa juga harus mampu mencari, menemukan, menyaring, dan menilai informasi,” tutup Yolan.

Editor:
Shaffan
Kontributor:
Arfa
Penulis:
Arfa
Fotografer:
Arfa

Gallery

  • -
  • -
  • Kemenag Gorut bersama Badan Takmirul Masjid dan Jemaah Sholat Jum'at Masjid Al Madani usai pelaksanaan Sholat Ghaib untuk Palestina, Jum'at (10/11/2023)
  • Kemenag Gorut melaksanakan Qunut Nazilah untuk Palestina di Masjid Kantor Kemenag Gorut, Jum'at (10/11/2023)
  • Kakankemenag Gorut H. Yudin Moonti bersama Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo H. M. Muflih B. Fattah dan rombongan hadiri Penutupan Rakernas BKM Tahun 2023, Jum'at (10/11/2023)